Bahaya radikal bebas bagi kesehatan

Dalam kesempatan ini saya akan membahas artikel tentang Bahaya radikal bebas bagi kesehatan, pasti anda sudah tidak asing lagi mendengar kata "radikal bebas ". Sebenarnya apa seh itu radikal bebas? Sebelum saya membahas lebih lanjut tentang radika bebas, saya akan menjelaskan sedikit tentang pengertian radikal bebas terlebih dahulu. Radikal bebas merupakan molekul yang kehilangan elektron,sehingga menyebabkan molekul tersebut menjadi tidak stabil dan selalu berusaha mengambil elektron dari molekul atau sel lain.

Adapun faktor yang mempengaruhi timbulnya radikal bebas diantaranya dari hasil metabolisme tubuh dan faktor eksternal seperti asap rokok, zat kimiawi dalam makanan dan polutan lain dan hasil penyinaran ultra violet. Dan biasanya penyakit yang disebabkan oleh radikal bebas bersifat kronis, yang untuk menyembuhkannnya dibutuhkan waktu bertahun tahun. Salah satu penyakit yang disebabkan oleh radikal bebas di antaranya jantung dan kanker. Dan salah satu cara untuk mengurangi penyakit yang dikarenakan radikal bebas diperlukan antioksidan. Untuk mengetahui lebih jelas dan lengkap informasi tentang Bahaya radikal bebas bagi kesehatan, simak informasi yang sudah saya rangkum dibawah ini

Bahaya radikal bebas bagi kesehatan

Salah satu penyebab munculnya penyakit kronis yang disebabkan oleh radikal bebas, karena radikal bebas yang masuk tubuh manusia secara berlebihan dan akan reaksi dengan elektron dari molekul DNA tersebut. Sifat radikal bebas itu sendiri selalu mencari posisi yang stabil membentuk radikal baru, sifat radikal bebas ini lah yang menjadi salah satu pemicu erjadinya mutasi struktur DNA. Bila hal situasi ini terjadi dalam waktu yang lama dapat memicu terjadinya kanker dan penyakit kronis lainnya yang berbahaya bagi manusia.

Pada umumnya penyakit kronis selalu di awali dengan akumulasi menahun dari polutan berbahaya yang selanjutnya akan menjelma menjadi sebuah penyakit yang menakutkan. Dan salah satu contoh penyakit yang kerap diakibatkan oleh adanya radikal bebas adalah penyakit jantung, katarak, penurunan fungsi ginjal dan kanker. Dan salah satu kebiasaan yang sering orang lakukan dalam memicu masuknya radikal bebas ke dalam tubuh manusia adalah aktivitas merokok. Hal ini disebabkan asap rokok yang masuk ke dalam tubuh manusia memberi kontribusi besar terhadap akumulasi radikal bebas dalam tubuh manusia.

Memang secara alami tubuh manusia memiliki antioksidan, tetapi jika jumlah radikal bebas yang masuk terus menurus dalam jumlah banyak maka anti oksidan yang ada di dalam tubuh tidak mampu menjinakan radikal bebas yang masuk di dalam tubuh. Maka dari itu merokok merupakan salah satu aktivitas yang harus ditinggalkan.

Itulah informasi seputar Bahaya radikal bebas bagi kesehatan yang bisa saya berikan untuk anda, mudah mudahan informasi kesehatan ini bisa menambah wawasan anda tentang ilmu kesehatan. Jaga terus kesehatan anda, jangan sampai anda terkena penyakit penyakit yang tidak di inginkan

Comments

Popular posts from this blog

Fаеdаh Вuаh Јаmbu Віјі untuk Κеsеhаtаn

8 manfaat rebung bagi kesehatan tubuh

Cara jitu mengecilkan pori pori wajah