8 manfaat rebung bagi kesehatan tubuh

Bagi orang Indonesia pasti sudah tidak asing lagi dengan bahan makanan rebung, secara umum rebung merupakan batang bambu yang masih muda (tunas bambu) yang bisa dikonsumsi. Tapi secara ilmu biologi rebung adalah sejenis kecambah yang muncul atau tumbuh keluar di samping tanaman bambu. Menggunakan rebung sebagai salah satu alternatif bahan makanan sehari-hari sudah dilakukan ribuan tahun yang lalu.

Meskipun saat ini rembung mulai kurang di lirik oleh orang, tapi sebenarnya rebung sendiri salah satu bahan makanan yang mempunyai manfaat bagi kesehatan yang cukup banyak. Ingin tahu apa saja manfaat rebung bagi kesehatan ? Silahkan simak informasi dibawah ini.

8 manfaat rebung bagi kesehatan tubuh

Menjaga Kesehatan Jantung

Menurut hasil penelitian yang dilakukan oleh para pakar kesehatan mengungkapkan bahwa kandungan pitosterol dan fitonutrien di dalam rebung bermanfaat untuk membantu melarutkan kolesterol jahat (LDL) yang berbahaya dalam tubuh. Selain itu kedua kandungan tersebut juga bermanfaat mengontrol kandungan kolesterol dari arteri dan melancarkan peredaran darah ke seluruh tubuh.

Menurunkan Berat Badan

Kandungan kalori, gula, lemak, dan karbohidrat di dalam rebung bermanfaat dalam proses penurunan berat badan. Jadi untuk anda yang saat ini sedang bermasalah dengan berat badan berlebih, anda bisa memilih rebung sebagai makanan diet anda.

Menurunkan Resiko Kanker

Salah satu manfaat rebung lainnya untuk kesehatan yaitu dapat menurunkan resiko kanker, hal ini disebabkan karena rebung mengandung pitosterol seperti flavon, klorofil dan amilase. Kandungan klorofil ini lah yang berfungsi mengendalikan kanker

Mengontrol Kolesterol

Bagi anda yang saat ini sedang bermasalah dengan kolestrol yang berlebih anda bisa mengatasinya dengan mengkonsumsi rebung. Sebab rebung dapat membantu untuk menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh dan dapat juga menstabilkan kadar gula dalam darah.

Menyehatkan SIstem Pencernaan

Menurut penelitian mengungkapkan bahwa rebung memiliki kandungan serat yang sangat tinggi, jadi mengkonsumsi rebung berarti tubuh telah mendapatkan serat dalam jumlah yang cukup. Sebagaimana yang anda ketahui, bahwa serat merupakan salah satu nutrisi penting yang dapat menunjang kelancaran sistem pencernaan.

Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh

Serat mengandung berbagai macam zat yang bagus untuk tubuh seperti antioksidan, mineral dan vitamin yang bermanfaat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.


 

Mengatasi Gangguan Pernafasan

Rebung memiliki kandungan nutrisi yang sangat efektif mengatasi terhadap gangguan pernapasan. Maka dari itu untuk anda yang saat ini sedang mengalami masalah dengan gangguan pernapasan, anda bisa mengatasinya dengan menggunakan rebung

Mengobati Bisul

Selain beberapa manfaat yang sudah saya jelaskan diatas, manfaat rebung yang lainnya yaitu dapat mengobati bisul. Hal ini dikarenakan rebut memiliki sifat alami sebagai agen anti-inflamasi dan sifat analgesik yang membantu dalam penyembuhan kondisi seperti ulkus dan bisul

Comments

Popular posts from this blog

Fаеdаh Вuаh Јаmbu Віјі untuk Κеsеhаtаn

8 manfaat rebung bagi kesehatan tubuh

Cara jitu mengecilkan pori pori wajah