Cara Meredakan Nyeri Gusi Akibat Tumbuh Gigi Pada Bayi

Setiap bayi memiliki tumbuh kembang yang berbeda-beda, termasuk di antaranya adalah pertumbuhan gigi pertama si kecil. Biasanya tumbuh gigi pertama bayi dimulai saat usia 6 bulan, tetapi banyak juga bayi yang memiliki pertumbuhan gigi lebih lama. Dan pada saat gigi pertama bayi mulai tumbuh, orangtua pasti akan merasa senang namun juga khawatir karena biasanya bayi yang sedang tumbuh gigi akan menjadi lebih rewel dan sering menangis. Hal itu disebabkan rasa gatal dan nyeri gusi yang dirasakan bayi akibat desakan dari gigi yang akan tumbuh membuat bayi tidak nyaman. Bayi yang sedang tumbuh gigi juga akan menunjukkan tanda-tanda seperti suka mengunyah atau menggigit benda-benda yang dia pegang, mengeluarkan air liur, menolak untuk makan, dan terkadang malah ada yang sampai demam akibat tumbuh gigi. Lalu apa yang harus dilakukan oleh orangtua jika si kecil sedang mengalami tumbuh gigi pertamanya? Simak cara efektif meredakan nyeri akibat tumbuh gigi pada bayi berikut bersama ibumuda.com.

Tips mengatasi nyeri gusi akibat tumbuh gigi

  • Gosok lembut gusi si kecil


Gunakan jari tangan bunda yang bersih atau kain kasa steril untuk memijat gusi bayi, tekanan-tekanan lembut yang diberikan bisa meredakan gatal pada gusi si kecil dan membuatnya merasa lebih nyaman. Tetapi jangan gunakan kertas tisu ketika melakukan hal ini, karena kertas tisu mudah hancur dan bisa termakan oleh bayi.

  • Berikan makanan bertekstur yang lebih keras


Umumnya gigi pertama bayi mulai tumbuh saat dia sudah diberi makanan padat pendamping ASI. Untuk mengobati rasa gatal pada gusi si kecil, bunda boleh memberikan makanan yang agak bertekstur supaya bayi mulai belajar mengunyah makanan. Tetapi tekstur makanan juga jangan terlalu kasar karena bayi mungkin belum bisa menelan dengan baik. Dan untuk menyiasati bayi yang suka menggigit benda-benda atau mainan, bunda bisa memberinya potongan wortel atau apel untuk dia pegang dan gigit. Tetapi hati-hati, pastikan potongan buah yang diberikan berukuran cukup besar agar bayi tidak tersedak. Jika bayi bunda tetap menolak untuk makan, cobalah berbagai jenis makanan untuk meredakan nyeri gusi saat bayi tumbuh gigi.

  • Berikan teether dingin atau kain kasa dingin pada gusi si kecil


Sensasi dingin bisa meredakan nyeri gusi yang dialami bayi saat tumbuh gigi. Simpan teether dalam lemari es selama 15 menit, tapi jangan menaruhnya di freezer karena memberikan teether yang beku bisa berdampak buruk terhadap bayi.

  • Jika bayi terus mengeluarkan air liur, lap dengan kain lembut


Kontak yang terjadi antara kulit bayi dan air liur yang dibiarkan dalam waktu lama bisa menimbulkan iritasi dan ruam kulit di sekitar mulut, pipi, dan dagu. Hal itu bisa dicegah dengan cara mengelap air liurnya dengan kain yang lembut, karena kulit bayi masih sensitif dan rentan teriritasi.

  • Jika diperlukan, bawa bayi ke dokter


Jika kondisi bayi semakin parah, hingga sama sekali menolak untuk makan dan minum ASI, rewel dan terus menerus menangis akibat nyeri gusi yang dirasakan, konsultasikan dengan dokter anak. Jangan pernah memberikan obat kepada bayi tanpa berkonsultasi dengan dokter untuk menghindari hal-hal negatif dan efek samping dari obat tersebut.

Semoga tips dan cara meredakan nyeri gusi akibat tumbuh gigi pada bayi di atas bisa membantu bunda yang sedang menghadapi proses tumbuhnya gigi pertama si kecil. Salam hangat dari ibumuda.com.

Comments

Popular posts from this blog

Fаеdаh Вuаh Јаmbu Віјі untuk Κеsеhаtаn

8 manfaat rebung bagi kesehatan tubuh

Cara jitu mengecilkan pori pori wajah