Cara Memandikan Bayi Yang Benar

Memandikan bayi menjadi salah satu bagian dari perawatan bayi yang wajib dikuasai setiap orangtua. Sebagai orangtua baru perlu belajar bagaimana cara memandikan bayi yang benar. Kondisi tubuh bayi masih sangat lemah, sehingga perlu ekstra hati-hati ketika memandikannya. Salah-salah, tubuh bayi dapat terluka saat mandi karena orangtua belum mengetahui caranya. Meskipun bayi tidak melakukan banyak aktifitas, bayi harus tetap dimandikan selama kondisinya sehat untuk membersihkan tubuhnya dari keringat dan kotoran. Memandikan bayi juga sebagai bagian dari stimulasi guna merangsang perkembangan tubuhnya. Di bawah ini adalah beberapa tips memandikan bayi yang benar agar bisa dijadikan panduan oleh orangtua baru yang sedang belajar memandikan bayinya.



  • Langkah pertama sebelum memandikan bayi adalah menyiapkan segala keperluan mandi bayi. Meliputi air hangat, sabun, sampo, dan handuk bayi. Air hangat yang dibutuhkan oleh bayi untuk mandi suhunya harus sesuai, sekitar 36-37 derajat Celcius. Isikan ke dalam bak mandi bayi dengan kedalaman yang cukup untuk merendam pantat bayi.

  • Buka bajunya, letakkan bayi di pangkuan Anda dengan membungkusnya menggunakan handuk. Gunakan kapas yang telah dibasahi air matang hangat untuk mengusap mata dari bagian luar ke dalam. Bersihkan wajah dan mulutnya, basuh kepala, leher dan dada bayi secara lembut. Agar lebih mudah, Anda dapat menggunakan waslap untuk melakukan hal ini.

  • Keramas rambut bayi, caranya pegang kepalanya dengan tangan kiri Anda di atas bak mandi, basuh rambutnya perlahan, beri sampo, kemudian bilas dengan mengusapnya secara lembut dan keringkan dengan handuk.

  • Lepaskan handuk yang membungkus tubuh bayi, letakkan tangan kiri Anda di bawah pundak dan leher bayi, dan tangan kanan memegang pantatnya (lakukan sebaliknya bila Anda kidal). Perlahan, masukkan tubuh bayi ke dalam air. Topang leher dan pundak bayi, sementara tangan kanan menyabuni dan membilas tubuhnya. Jangan lupa bagian lengan, punggung, tungkai dan daerah lipatan paha dan ketiak bayi. Sabuni badannya menggunakan sabun bayi dengan pH balance yang tidak membuat mata bayi pedih.

  • Angkat bayi keluar dari bak dengan kembali memegang pantatnya. Bungkus kembali tubuh bayi menggunakan handuk yang kering.

  • Keringkan tubuh bayi dengan lembut, oleskan minyak telon untuk menghangatkan tubuhnya sebelum memaikaikannya baju dan popok.


Cara memandikan bayi yang benar bukanlah hal yang sulit, semua itu akan dapat segera dikuasai oleh ibu baru jika sudah terbiasa memegang tubuh si kecil dan memandikannya sendiri. Bahkan aktifitas mandi si kecil akan menjadi momen yang sangat menyenangkan.


 

Comments

Popular posts from this blog

Fаеdаh Вuаh Јаmbu Віјі untuk Κеsеhаtаn

Cara alami mengatasi diare dengan cepat

Cara jitu mengecilkan pori pori wajah