Tips Mengatasi Flu pada Ibu Hamil

Penyakit flu bisa menyerang siapa saja tidak terkecuali ibu hamil. Padahal saat sedang hamil, kita dilarang mengonsumsi sembarang obat karena bisa berpengaruh langsung terhadap kesehatan dan pertumbuhan janin dalam kandungan. Lantas, apa yang sebaiknya dilakukan ibu hamil jika flu tiba-tiba menyerang? Mari kita simak cara mengobati flu pada ibu hamil yang akan dibahas selengkapnya di bawah ini;




[caption id="" align="alignright" width="282"]cara mengobati flu ibu hamil ibu hamil flu[/caption]

  • Minum banyak air


Kebanyakan flu menyerang ketika cuaca tidak bersahabat. Tubuh akan kehilangan banyak cairan akibat flu dan pilek yang dialami, terlebih dalam kondisi hamil. Dengan minum banyak air, kebutuhan cairan tubuh dapat terpenuhi sehingga metabolisme tetap berjalan baik. Air yang di konsumsi juga sebaiknya bukan air dingin yang disimpan dalam kulkas, melainkan air putih hangat atau air teh maupun jus buah-buahan segar.




  • Mengonsumsi sop hangat


Sop hangat dapat menjadi obat flu alami untuk ibu hamil. Selain menghangatkan tubuh, sop hangat yang dikonsumsi ketika flu dapat menstimulasi lendir untuk keluar serta meningkatkan kekebalan tubuh. Lebih dari itu, sop juga berfungsi sebagai asupan tambahan untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh.




  • Menghirup uap air panas


Cara mengatasi flu yang paling mudah adalah dengan menghirup uap air panas. Cara ini bisa membuat pernafasan lebih lega, menghilangkan sakit kepala, dan membersihkan rongga hidung. Ambil air panas di dalam panci, hirup uap air panas tersebut, tutup bagian kepala dengan handuk agar uap tidak cepat habis.




  • Istirahat yang cukup


Ibu hamil membutuhkan waktu istirahat lebih, terutama pada saat terserang flu. Istirahat ini akan memulihkan tenaga dan daya tahan tubuh yang menurun.




  • Gunakan bantal lebih


Saat terkena flu, hidung akan tersumbat ketika dalam posisi tidur. Untuk mengatasinya, ibu hamil dapat meninggikan bantal agar posisi kepala cenderung tegak sehingga melegakan pernafasan.




  • Buang lendir


Lendir yang keluar melalui hidung saat flu atau batuk merupakan sistem pertahanan tubuh untuk mengeluarkan bakteri dan kotoran. Sehingga harus dibuang agar tidak menimbulkan masalah kesehatan lain.


Demikian beberapa cara mengobati flu pada ibu hamil yang bisa dicoba di rumah. Jika flu yang dialami ibu hamil tidak kunjung sembuh, sebaiknya konsultasi ke bidan atau dokter kandungan dan mintalah obat flu ibu hamil yang aman agar kesehatan bayi dalam kandungan tetap terjaga.


Comments

Popular posts from this blog

Fаеdаh Вuаh Јаmbu Віјі untuk Κеsеhаtаn

Cara alami mengatasi diare dengan cepat

8 manfaat rebung bagi kesehatan tubuh