Tips Memilih Vitamin yang Tepat untuk si Kecil

Anak tumbuh sehat dan kuat adalah harapan semua ibu. Terlebih jika anak telah disibukkan dengan segudang kegiatan yang menyita banyak energi, seperti sekolah dan les. Berbagai cara dilakukan ibu untuk menjaga tumbuh kembang anak selau optimal. Salah satu caranya adalah dengan memberikan nutrisi serta gizi seimbang dari makanan yang dikonsumsi anak sehari-hari.vitamin anak


Namun tidak dapat dipungkiri anak sering memilih-milih makanan, sehingga nutrisi dari makanan yang ibu siapkan sering diabaikan oleh anak. Masalah lainnya adalah orangtua yang terlalu sibuk, sehingga tidak sempat menyiapkan hidangan yang sehat untuk anak. Hasilnya, kebutuhan gizi anak tidak terpenuhi dengan baik. Solusi terbaik adalah dengan memberikan vitamin kepada anak untuk mencukupi kebutuhan nutrisi dan mendukung pertumbuhan si kecil. Lalu bagaimana cara memilih vitamin yang tepat untuk si kecil? Baca tips lengkapnya berikut ini.




  • Pilih sesuai kebutuhan


Vitamin dibuat untuk berbagai macam kebutuhan. Misal vitamin penambah nafsu makan, atau vitamin untuk kecerdasan otak. Pilih vitamin yang sekiranya benar-benar dibutuhkan oleh anak. Selain itu, vitamin juga dibuat untuk berbagai tingkat usia, sehingga pilihlah yang sesuai untuk usia si kecil. Jangan berikan vitamin orang dewasa untuk anak, meski dengan dosis yang telah dikurangi karena dapat berbahaya untuk lambung si kecil. Untuk rasanya, sekarang ini vitamin telah dibuat dengan berbagai varian rasa yang disukai anak-anak, sehingga ibu bebas memilih vitamin sesuai selera anak. Bentuknya juga bermacam-macam, ada yang berbentuk emulsi, tablet kunyah, atau tablet isap.




  • Kegunaan vitamin


Saat si kecil sedang menghadapi banyak kegiatan yang memerlukan stamina prima, atau pada saat kondisi cuaca dan lingkungan tidak bersahabat, kesehatan anak rentan mengalami penurunan, dan terganggu oleh berbagai masalah kesehatan lain. Sehingga vitamin yang tepat sangat dibutuhkan. Seperti vitamin C, untuk memperkuat ketahanan tubuh anak dalam menghadapi situasi tersebut. Atau vitamin sejenisnya untuk memperkuat sistem imunitas anak.




  • Waktu pemberian vitamin


Anak memang membutuhkan vitamin sebagai pelengkap untuk mencukupi kebutuhan nutrisinya. Namun Ibu harus tahu, kapan anak benar-benar membutuhkan vitamin? Jawabannya adalah ketika anak sudah mengalami hal-hal berikut;




  1. Anak susah/tidak mau makan

  2. Anak yang memiliki banyak kegiatan dan aktif sepanjang hari

  3. Anak yang sangat suka makan snack dan minuman bersoda.



  • Konsultasi dengan dokter


Sebelum Anda memberikan vitamin untuk anak, sebaiknya konsultasikan kepada dokter jikalau dalam vitamin tersebut mengandung bahan-bahan yang kontra terhadap keadaan tubuh anak. Misalnya anak yang menderita penyakit tertentu dan sedang menjalani proses pengobatan. Jangan sampai diberikan vitamin yang bertentangan dengan obat yang diminum.


Setelah membaca tips memilih vitamin yang tepat untuk anak di atas, kita semakin yakin untuk memberikan yang terbaik bagi sang buah hati agar dapat meraih masa depan dan cita-citanya yang gemilang.


Comments

Popular posts from this blog

Fаеdаh Вuаh Јаmbu Віјі untuk Κеsеhаtаn

Cara alami mengatasi diare dengan cepat

8 manfaat rebung bagi kesehatan tubuh