Manfaat Memberikan ASI untuk Ibu dan Bayi

Siapa sangka di dalam tubuh seorang ibu terdapat anugrah yang luar biasa dari Tuhan yaitu ASI. Wanita diciptakan dengan kemampuan memproduksi ASI dalam tubuhnya yang berguna untuk memenuhi semua kebutuhan bayinya.


ASI merupakan nutrisi terbaik dan merupakan hak setiap bayi untuk mendapatkan ASI dari ibunya. Sedangkan susu formula hanya boleh diberikan ketika seorang ibu benar-benar tidak dapat memenuhi kewajibannya untuk menyusui. Saat seorang ibu menyusui bayinya dengan ASI dari tubuhnya, maka akan sangat banyak keuntungan yang bisa di rasakan oleh ibu dan bayi.




[caption id="" align="alignright" width="320"]manfaat menyusui bagi ibu dan anak manfaat asi[/caption]

Di dalam ASI, kandungan nutrisinya sangat lengkap dan sempurna. Dan nutrisi tersebut akan secara otomatis berubah menyesuaikan dengan kebutuhan bayi. Seperti bayi yang baru lahir hingga usianya 6 bulan membutuhkan lemak yang lebih tinggi, jadi secara otomatis ASI yang terdapat dalam tubuh ibu akan menyesuaikan hal ini.



Keuntungan ASI untuk ibu dan bayi


Keuntungan untuk bayi




  • Zat antibodi yang terkandung di dalam ASI sangat banyak, zat itu berasal dari tubuh seorang ibu yang akan membantu bayi untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga tahan terhadap berbagai penyakit. Bayi yang meminum ASI terbukti lebih tahan terhadap berbagai penyakit seperti diare, asma, pneumonia, infeksi telinga, alergi, dan terhindar dari resiko obesitas dibanding bayi yang minum susu formula.

  • Di dalam ASI terkandung hormon yang dapat menciptakan rasa kantuk dan perasaan nyaman. Sehingga dapat membuatnya tertidur lelap dan menenangkan kolik atau bayi yang sedang dalam proses tumbuh gigi.

  • ASI membantu perkembangan otak bayi lebih maksimal. Bayi yang diberi ASI rata-rata memiliki IQ lebih tinggi 6 poin dari anak yang meminum susu formula.

  • Secara psikologis, menyusui akan meningkatkan kedekatan dan ikatan batin seorang ibu dengan bayinya.


Keuntungan untuk ibu




  • Memberikan ASI adalah cara diet terbaik untuk menurunkan berat badan yang melar saat hamil. Saat sedang menyusui, kalori dalam tubuh terbakar kurang lebih sebanyak 200-250 setiap hari. Jadi Anda tidak perlu capek berkeringat di tempat senam hanya untuk menurunkan berat badan. Cukup dengan berpelukan dan menyusui bayi Anda dapat membakar kalori ekstra.

  • Hemat biaya, ASI adalah barang berharga yang gratis. Bayangkan jika Anda harus membeli susu formula yang harganya mahal. Berapa uang yang harus Anda habiskan setiap bulan hanya untuk membeli susu formula? Belum lagi Anda juga harus membeli bermacam perlengkapan lainnya seperti dot, botol, dan peralatan lainnya, selain itu juga harus menjaganya agar tetap bersih dan steril.

  • ASI tidak merepotkan. Tidak seperti menyiapkan susu formula , mencampurnya dengan air dan harus menunggu sampai suhunya sesuai kemudian baru diberikan pada bayi. Sementara bayi Anda sudah menangis kelaparan. ASI juga selalu siap kapan saja, tidak khawatir kehabisan di tengah malam atau saat dalam perjalanan.

  • Memberikan ASI secara kontinyu juga merupakan sebuah metode kontrasepsi yang alami.

  • Saat menyusui, tubuh mengeluarkan hormon oksitosin yang dapat menciptakan rasa nyaman, tenang, dan mencintai bayi anda.

  • Memberikan ASI baik untuk kesehatan. Dapat mencegah perdarahan dan mempercepat pemulihan uterus kembali ke ukuran normal. Mengurangi resiko terkena osteoporosis dan mencegah kanker pay-udara dan kanker ovarium.


Nah, banyak bukan keuntungan dari memberikan ASI untuk ibu dan bayi yang bisa di dapat. Jadi jangan ragu lagi untuk memberikan nutrisi terbaik bagi bayi Anda mulai sekarang.

Comments

Popular posts from this blog

Fаеdаh Вuаh Јаmbu Віјі untuk Κеsеhаtаn

8 manfaat rebung bagi kesehatan tubuh

Cara jitu mengecilkan pori pori wajah