Cara Meningkatkan Kecerdasan Otak Anak

agar anak cerdasSetiap orangtua tentu ingin agar anaknya memiliki otak yang cerdas serta kreatif. Banyak cara dapat ditempuh untuk mewujudkan hal ini, mulai dari memberikan asupan makanan dengan nutrisi terbaik hingga melengkapi segala fasilitas belajar yang dibutuhkan anak.


Kecerdasan otak anak lebih dipengaruhi oleh faktor genetik, namun faktor eksternal serta dukungan dari orangtua yang selalu aktif mendukung tumbuh kembangnya akan meningkatkan kecerdasan otak anak menjadi lebih maksimal. Hal yang paling mudah dilakukan untuk meningkatkan kecerdasan otak anak adalah dengan mengajaknya untuk gemar membaca sejak masih balita. Cara tersebut dipercaya ampuh untuk mengasah kemampuan otak menjadi cerdas. Selain membaca, masih banyak cara yang bisa dilakukan orangtua untuk meningkatkan kecerdasan otak anak sejak dini.


Di bawah ini adalah berbagai cara meningkatkan kecerdasan otak anak;




  • Bermain dengan tangan si kecil


Sejak bayi, otak anak sudah memiliki kemampuan untuk merespon segala yang dia lihat dan berinteraksi dengan orang di sekitarnya. Terutama orang terdekat yaitu ibunya. Ibu harus sering mengajak si kecil ngobrol dan bermain dengan tangan mungilnya. Permainan sekuensial sederhana seperti bermain cilukba, itu dapat merangsang perkembangan otaknya semakin baik.




  • Mengajak si kecil membaca


Kenalkan buku pada si kecil sedini mungkin, mulailah dengan buku yang bergambar besar dan berwarna warni agar si kecil suka dan tertarik untuk melihatnya. Saat mengajaknya membaca buku tentang hewan misalnya, Anda dapat menirukan macam-macam suara hewan yang ada dalam buku tersebut dan mengajaknya ikut bersuara. Selain melatih imajinasi si kecil cara ini juga dapat merangsang motorik halusnya.




  • Berikan si kecil mainan edukatif sesuai usianya


Bermain merupakan cara si kecil untuk belajar. Jadi berikan dia mainan yang dapat melatih kecerdasan otaknya. Mainan tersebut harus memiliki nilai edukasi yang membuat si kecil dapat mengeksplor serta berinteraksi, contohnya mainan alat musik, puzzle, atau bola berwarna warni dengan berbagai ukuran. Mainan-mainan itu dapat membantu si kecil untuk mengenali bentuk, warna, serta mempelajari hubungan sebab akibat.




  • Memeluk si kecil dengan penuh kasih sayang


Inilah bukti keajaiban dari pelukan kasih seorang ibu terhadap anak, dapat membantu membangun kecerdasan otak secara positif terutama yang berhubungan dengan emosinya. Di samping itu juga menenangkan dan memeluknya saat dia menangis juga membuat hubungan semakin dekat antara ibu dan anak.




  • Memijat tubuh si kecil


Memijat dengan sentuhan penuh kasih sayang akan menghilangkan stress dan memberikan kenyamanan secara emosional. Jadi secara otomatis mampu meningkatkan kecerdasan otak anak dan membantu pertumbuhan si kecil, bahkan baik untuk pemulihan bayi prematur.




  • Menjaga keamanan lingkungan bermain si kecil


Saat si kecil sedang dalam proses tumbuh kembang, rasa ingin tahunya terhadap segala yang dilihat sangat besar. Terutama pada benda-benda yang berada di sekitarnya. Karena itulah keamanan lingkungan tempat ia bermain harus sangat diperhatikan dan steril dari benda-benda yang dapat membahayakan si kecil. Contohnya benda tajam atau benda-benda tumpul yang bisa mengenai si kecil.




  • Bernyanyi bersama si kecil


Lagu sangat disukai kebanyakan dari anak kecil. Dengan mengajaknya bernyanyi bersama maka Anda telah menciptakan satu proses belajar yang menyenangkan untuk si kecil. Anda telah melakukan salah satu cara meningkatkan kecerdasan otak anak. Ajak dia untuk menggerakan tangan dan tubuhnya saat bernyanyi, itu akan sangat berguna untuk melatih motorik si kecil.


Peran dari orangtua amatlah penting dalam hal cara meningkatkan kecerdasan otak anak. Dan dengan didukung pemberian asupan bernutrisi gizi seimbang maka kecerdasan otak anak semakin dapat berkembang dengan maksimal.

Comments

Popular posts from this blog

Fаеdаh Вuаh Јаmbu Віјі untuk Κеsеhаtаn

8 manfaat rebung bagi kesehatan tubuh

Cara jitu mengecilkan pori pori wajah