Cara Melatih Anak Gemar Membaca

Kebanyakan anak-anak jaman sekarang tidak gemar membaca buku. Seiring pesatnya kemajuan teknologi, buku semakin ditinggalkan. Anak-anak lebih menyukai acara televisi atau bermain game. Padahal manfaat dan ilmu yang bisa didapat dari aktifitas gemar membaca buku ini amatlah banyak. Meskipun informasi yang bisa didapat dari media elektronik semacam televisi dan internet tidak kalah banyak dan lebih mendunia, namun jangan sampai anak-anak melupakan atau bahkan tidak mengenal membaca buku sama sekali. Berikut ini adalah cara-cara yang bisa dilakukan untuk melatih anak agar gemar membaca buku.




[caption id="" align="alignright" width="281"]cara melatih anak membaca anak gemar membaca[/caption]

Cara agar anak senang membaca



  • Jadikan membaca sebagai rutinitas


Buat peraturan baru di rumah, anak harus meluangkan waktu dalam sehari minimal 1 jam untuk membaca buku. Pada awalnya memang sulit, namunsetelah menjadi kebiasaan dan rutinitas sehari-harimaka secara otomatis anak akan melakukan hal itu bahkan dapat menganggap membaca sebagai suatu kebutuhan.




  • Sesuaikan bahan bacaan dengan minat anak


Setiap anak memiliki minat yang berbeda-beda. Jadi jangan memaksanya untuk mengikuti keinginan Anda. Termasuk pada buku bacaan yang ingin dia baca. Anda tidak boleh memaksa anak untuk membaca yang ia tidak suka, namun arahkan agar apa yang dia baca sesuai minatnya dapat bermanfaat bagi dia. Jika dipaksa, maka kemungkinan anak tidak akan menyukai aktifitas membacanya lagi.




  • Memberikan contoh yang baik


Kebanyakan anak akan meniru apa yang dia lihat. Jika Anda mencontohkan membaca buku atau koran setiap hari, maka anak pun akan melihat dan meniru perbuatan Anda. Namun jika Anda tidak pernah menunjukkan kebiasaan membaca pada anak, sekeras apapun Anda menyuruhnya membaca buku setiap hari, maka akan sia-sia.




  • Menjadi anggota perpustakaan


Di dalam perpustakaan tentu banyak buku-buku yang dapat dibaca oleh anak untuk menambah wawasan. Jadi akan lebih baik apabila anak Anda menjadi salah satu anggota perpustakaan yang ada di sekolahnya. Karena dengan dia bergaul bersama teman-teman yang juga memiliki kesamaan hobi gemar membaca akan membuatnya lebih bersemangat.


Demikian adalah cara melatih anak agar gemar membaca. Membaca membuka jendela dunia, itulah prinsip yang harus ditanamkan pada jiwa anak-anak kita agar senantiasa gemar membaca.

Comments

Popular posts from this blog

Fаеdаh Вuаh Јаmbu Віјі untuk Κеsеhаtаn

Cara alami mengatasi diare dengan cepat

8 manfaat rebung bagi kesehatan tubuh