Tanda-tanda Akan Melahirkan bagi Ibu Hamil

Memasuki trimester ketiga masa kehamilan, sangat penting bagi Ibu hamil untuk mengetahui tanda-tanda menjelang kelahiran sang bayi. Selain menggunakan hari taksiran persalinan( HTP) yang ditentukan oleh bidan berdasarkan perhitungan hari pertama haid terakhir sebagai acuan, manfaat mengenali tanda-tanda akan melahirkan bagi wanita hamil adalah agar dapat melakukan tindakan yang tepat sesegera mungkin setelah mengalami tanda-tanda akan melahirkan tersebut.

Seorang wanita hamil dapat merasakan tanda-tanda akan melahirkan dalam waktu berjam- jam atau bahkan beberapa hari menjelang proses kelahiran. Seorang wanita hamil juga kerap mengalami stres ketika mendekati hari persalinan. Untuk itu dukungan dari suami dan keluarga juga orang-orang terdekat sangat dibutuhkan. Nah berikut ini akan dijelaskan beberapa tanda yang mungkin akan dialami oleh seorang wanita hamil yang akan melahirkan.

Tanda-tanda akan melahirkanproses kelahiran bayi


1.  Nyeri di bagian selangkangan

Tekanan akibat posisi kepala janin yang mulai turun ke bawah membuat seorang wanita hamil sering merasakan nyeri di bagian selangkangan ketika akan melahirkan. Selain itu, rasa nyeri pada perut bagian bawah seperti nyeri ketika menstruasi juga merupakan tanda-tanda akan melahirkan.

2. Sakit di bagian panggul serta tulang belakang

Janin yang sedang mencari jalan lahir akan bergerak dan bergeser menekan tulang belakang dan menimbulkan rasa sakit di bagian panggul.

3. Keluar lendir dan darah lewat jalan lahir

Ketika janin masih berada dalam kandungan, mulut rahim tertutup oleh semacam lendir kental yang menjaga janin agar tidak turun ke bawah. Sedangkan ketika akan melahirkan, mulut rahim akan mulai terbuka, menjadi tipis dan lunak, diikuti keluarnya lendir yang bercampur darah untuk membuka jalan lahir.

4. Terjadi kontraksi

Kontraksi yang dialami oleh seorang wanita hamil merupakan tanda-tanda akan melahirkan yang paling mudah dikenali. Biasanya mulas terjadi pada perut bagian bawah dengan frekuensi yang semakin lama semakin meningkat merupakan tanda akan melahirkan sudah dekat. Kontraksi awal dapat terjadi sekitar 10-15 menit sekali lalu berlanjut semakin sering hingga 2 menit sekali, pada keadaan ini tenaga kesehatan harus sudah ada di tempat karena kelahiran sang bayi akan segera terjadi. Namun perlu juga diwaspadai, karena ada beberapa kasus wanita yang akan melahirkan mengalami kontraksi palsu.

5. Keluar air ketuban

Wanita hamil yang akan melahirkan untuk pertama kali biasanya belum mengetahui seperti apa itu air ketuban. Umumnya air ketuban berwarna bening dan tidak berbau. Seorang wanita hamil yang tiba-tiba mengeluarkan air ketuban baik secara cepat ataupun sedikit sedikit  harus segera menghubungi petugas kesehatan atau bidan. Karena itu merupakan tanda pasti akan melahirkan. Air ketuban yang dibiarkan habis akan membahayakan bayi yang berada dalam kandungan.

Itu adalah beberapa tanda-tanda akan melahirkan yang umum dialami oleh hampir semua wanita hamil. Masih ada beberapa tanda yang dapat juga dialami oleh wanita yang akan melahirkan seperti muntah-muntah, menggigil, dan nafsu makan meningkat. Dengan mengenali tanda-tanda akan melahirkan seorang wanita hamil diharapkan menjadi lebih siap dan proses kelahiran berjalan lancar.

Comments

Popular posts from this blog

Fаеdаh Вuаh Јаmbu Віјі untuk Κеsеhаtаn

8 manfaat rebung bagi kesehatan tubuh

Cara jitu mengecilkan pori pori wajah